Perangkat Mac Bakal Bisa Jalankan Aplikasi iPhone dan iPad

Salah satu pengumuman penting dalam pembukaan WWDC 2020 semalam adalah Apple bakal membuat Mac dengan prosesor ARM yang diberi nama Apple Silicon.

Salah satu dampak dari peralihan prosesor itu adalah nantinya perangkat Mac bisa menjalankan aplikasi untuk iPhone dan iPad.

Hal ini dimungkinkan karena arsitektur system on a chip (SoC) yang dipakai baik di iPhone, iPad maupun Mac serupa. Alhasil aplikasinya pun bakal kompatibel, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (23/6/2020).

Dalam pembukaan WWDC 2020 pun Apple menunjukkan mereka bisa menjalankan Monument Valley 2, Calm, dan Fender Play untuk iOS di perangkat Mac.

Aplikasi dari iOS tersebut bakal dihadirkan di Mac App Store, bersama dengan jajaran aplikasi macOS lainnya. Fitur ini bakal dihadirkan saat mereka merilis perangkat Mac baru yang menggunakan chip Apple Silicon, paling cepat pada akhir 2020 ini.

Aplikasi iOS yang kompatibel dengan macOS itu akan ditampikan secara default, dan jika itu adalah aplikasi berbayar, maka pengguna yang sudah pernah membelinya di iOS tak perlu membeli ulang jika ingin menggunakannya di macOS.

Namun developer juga bisa memilih untuk tak menampilkan aplikasi iOS buatannya di Mac App Store jika mereka tak menginginkannya.

Pada 2019 lalu Apple sebenarnya sudah merilis aplikasi Catalyst, bersamaan dengan macOS 10.15 Catalina. Aplikasi ini membuat developer bisa mulai untuk ‘membangun jembatan’ antara aplikasi iOS dan macOS, alias developer tak perlu menulis ulang kode dari aplikasi iOS buatannya untuk bisa dihadirkan di macOS.

Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *